Kamis, 10 Februari 2011

Penyu Untuk Indonesia

Daihatsu Galang Dana "Penyu Untuk Indonesia"

Acara peluncuran Penyu untuk Indonesia di Jakarta, Rabu (9/2). (Dok. ADM)

TEMPO InteraktifJakarta - Dalam rangka ikut merestarikan lingkungan, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk "Penyu untuk Indonesia" di Jakarta, Rabu (9/2). Program ini bertujuan mengumpulkan dana untuk mengembangkan konservasi penyu.


Kenapa penyu? "Penyu merupakan hewan khas Indonesia yang hampir punah. Tak banyak yang tahu jika 6 dari 7 jenis penyu di dunia habitatnya berada di Indonesia. Populasi penyu berkurang drastis baik karena proses alam maupun perilaku merusak manusia," kata Suparno Djasmin CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangan persnya.

Program "Penyu untuk Indonesia" ini dikemas dalam konsep 'Fund Raising' berupa pengumpulan dana dari pelanggan masing-masing perusahaan penyelenggara program dan masyarakat umum dengan cara adopsi dan donasi. Seluruh dana sumbangan akan dikumpulkan dalam rekening Bank BCA cabang Wahid Hasyim dengan nomor rekening 4783022730 atas nama PT Media Nusantara Informasi.

Nantinya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk mengembangkan tempat-tempat konservasi penyu yang ada di Indonesia. Lima lokasi konservasi terpilih yaitu Pantai Pangumbahan-Ujung Genteng, Prancak-Bali, Alas Purwo Banyuwangi Selatan, Way Tembulih Lampung Barat dan Pulau Berau Derawan di Kalimantan Timur.
 
"Kami memperkirakan program ini akan bisa mendatangkan dana dengan target awal sekitar Rp 750 juta dari pengadopsi dan donatur," tambah Suparno Djasmin.

Program kerjasama Daihatsu, Autobild Indonesia, National Geographic Indonesia, Harian Seputar Indonesia, Metro TV dan MRA Media Group ini dilakukan terintegrasi selama satu tahun. Diawali di konservasi penyu, Ujung Genteng Sukabumi, 12 Februari mendatang.

RAJU FEBRIAN

Tidak ada komentar: