Rabu, 03 Desember 2008

Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan

Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan
 
Tujuan Penyusunan Kebijakan dan Strategi Upaya Pemanfaatan Berkelanjutan Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan, adalah untuk memberikan pedoman dan acuan dalam membuat perencanaan dan kebijakan upaya perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya di perairan daratan secara berkelanjutan. Sedangkan sasarannya adalah terarahnya kegiatan perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya secara berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan, baik di tingkat daerah maupun nasional.
Kebijakan dan Strategi Upaya Pemanfaatan Berkelanjutan Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan, diarahkan pada upaya pemanfaatan berkelanjutan konservasi yang meliputi kawasan dan semua jenis sumberdaya ikan sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 1 angka (2) dan angka (4), Undang-Undang No. 31/2004, tentang Perikanan, yang terdapat di perairan muara sungai (estuari), rawa hutan bakau (mangrove), sungai, danau, waduk, dan/atau perairan daratan lainnya dalam wilayah pengelolaan perikanan Republik Indonesia.
Ruang lingkup dokumen ini meliputi Pendahuluan yang menggambarkan latar belakang, tujuan dan sasaran, serta ruang lingkup dan keluaran; Potensi dan Kondisi yang meliputi ekosistem perairan daratan, sumberdaya ikan perairan paratan, sosial ekonomi/sosial budaya; Kondisi yang Diharapkan; serta Kebijakan dan Strategi yang meliputi visi dan misi, kebijakan, strategi, serta rencana aksi dan faktor-faktor pendukungnya.
Dokumen Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan ini terdiri dari empat bab, dengan perincian sebagai berikut :
Bab. 1; berisi tentang Latar Belakang dibuatnya dokumen Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan, Batasan dan Pengertian, Klasifikasi Ekosistem, Tujuan dan Sasaran, Proses Penyusunan, Ruang Lingkup dan Keluaran
Bab 2; berisi tentang gambaran Potensi dan Kondisi Saat Ini dari ekosistem, sumberdaya ikan dan sosial ekonomi budaya perairan daratan
Bab 3; berisi tentang Kondisi yang Diharapkan pada ekosistem perairan daratan, termasuk bagaimana cara konservasi dalam pemanfaatannya, sehingga sumberdaya ikan perairan daratan kedepan dapat dimanfaatkan secara lestari.
Bab 4; berisi tentang Kebijakan dan Strategi yang menguraikan visi dan misi, kebijakan, strategi dan rencana aksi, serta faktor pendukung dalam implementasi konservasi sumberdaya ikan dan lingkungannya di perairan daratan.
Dokumen ini ditujukan bagi semua pemangku kepentingan agar dapat dijadikan panduan bagi perumusan kebijakan dan strategi serta perencanaan kegiatan konservasi sumberdaya ikan dan lingkungannya di perairan daratan

Kebijakan dan Strategi Konservasi Sumberdaya Ikan dan Lingkungannya di Perairan Daratan selengkapnya, SEBAGAIMANA TERLAMPIR

Direktorat Konservasi dan Taman Nasional Laut,2008

Tidak ada komentar: